Panduan Penilaian untuk SD/SMP/SMA/SMK Kurikulum 2013, Permendikbud 53 Tahun 2015

Jumat, 25 Desember 2015

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pembelajaran berbasis aktivitas yang bertujuan memfasilitasi siswa memperoleh sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada kegiatan implementasi Kurikulum 2013, guru dituntut untuk dapat merencanakan dan melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar siswa secara komprehensif, meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta mengolah dan membuat laporan hasil belajar siswa secara objektif, akuntabel, dan informatif. 
Permendikbud nomor 53 tahun 2015, terdapat cara baru penilaian untuk kurikulum 2013 atau kurikulum nasional, dari jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK.  Hal ini berimplikasi pada penilaian yang harus meliputi sikap, pengetahuan,dan keterampilan baik selama proses (formatif) maupun pada akhir periode pembeajaran (sumatif).

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan penilaian:
  1. Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian Kompetensi Dasar (KD) pada Kompetensi Inti (KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4).
  2. Penilaian menggunakan acuan kriteria, yaitu penilaian yang dilakukan dengan membandingkan capaian siswa dengan kriteria kompetensi yang ditetapkan. Hasil penilaian baik yang formatif maupun sumatif seorang siswa tidak dibandingkan dengan skor siswa lainnya namun dibandingkan dengan penguasaan kompetensi yang dipersyaratkan.
  3. Penilaian dilakukan secara terencana dan berkelanjutan. Artinya semua indikator diukur, kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar (KD) yang telah dikuasai dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan belajar siswa 
  4. Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut, berupa program peningkatan kualitas pembelajaran, program remedial bagi siswa yang pencapaian kompetensinya di bawah KBM/KKM, dan program pengayaan bagi siswa yang telah memenuhi KBM/KKM. Hasil penilaian juga digunakan sebagai umpan balik bagi orang tua/wali siswa dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa.
Dalam Buku Panduan ini disajikan tentang konsep, teknik dan prosedur penilaian, baik untuk penilaian sikap, penilaian pengetahuan maupun penilaian keterampilan, disertai dengan beberapa contoh format penilaiannya. Di samping itu, dijelaskan pula tentang teknis pelaksanaan penilaian, pengolahan hasil penilaian dan pemanfaatan hasil penilaian, termasuk di dalamnya disajikan contoh Format Rapor dan Cara Pengisiannya.

Silahkan unduh di bawah ini Buku Panduan Penilaian versi final:
SMPN1DBN

Terimakasih Anda telah mengunjungi Halaman SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Dapatkan berita terbaru melalui situs ini.
www.smpn1-dbn.sch.id | © 2015

Ikuti kami: Facebook | Twitter | Google+
×
 
Info  Selamat datang di website SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Silahkan bergabung menjadi member komunitas sekolah klik di sini.
Profil | Kontak | Sitemap | Feedback
Copyright © . SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar - All Rights Reserved
Alamat: Jalan Karya Bakti Ujung, Serbalawan 21155
Email: info@smpn1dbn.sch.id Telp. (0622) 64167
google-site-verification: google2996ca91c8ee332c.html